Senin, 30 Januari 2012

Perbaiki rekor, Persib naik ke peringkat 4

Setelah di partai sebelumnya berhasil membungkam PSPS Pekan Baru 2:1 dan meperbaiki rekor atas Psps, kali ini Persib Bandung berhasil menaklukkan musuh bebuyutannya Persija Jakarta dengan skor tipis  1-0.  Dengan kemenangan itu,  Maung Bandung memperbaiki rekor saat menjamu Macan Kemayoran-julukan   Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat pada lanjutan Indonesia Super League  ( ISL ) ,  Minggu  ( 29/1 ) malam.  Terakhir Persib menundukkan Persija di kandang,  pada  24  April  2007  di ajang Liga Indonesia  2007/2008.    

Torehan tiga poin itu,‎ ‏sekaligus mendongkrak Persib ke peringkat empat klasemen sementara ISL dengan torehan  18  poin dari  10  laga.  Sedangkan Persija tetap di posisi kesembilan dengan  13  poin.   

Sejak kick off‎  ‏babak pertama,   Persib langsung menekan Persija di menit-menit awal.  Kendati bermain di bawah   tekanan para bobotoh,  Persija mampu menampilkan permainan   apiknya.  Di awal menit ke  15  ini,  kedua tim banyak bermain di sektor tengah.

Akan tetapi walaupun Persib mendapat tendangan bebas,  peluang tersebut dapat dipatahkan kiper Persija Andrytani.   Persija  tidak mau kalah,  Ismed Sofyan yang memaksimalkan tendangan bebas mengarah ke kotak penalti Persib hingga sempat terjadi kemelut di depan gawang.  Namun bola dapat dihalau lini belakang Persib.

Maman Abdurrahman cs bermain sabar.‎  ‏Atep menerima umpan tanpa  kawalan.   Dia pun melepaskan tendangan kerasnya,   hingga mengenai lengan salah satu pemain belakang Persija Amarzhuki.  Melihat itu,  wasit  langsung  menunjuk titik putih  pada menit ke  16.

Dengan tenang Miljan Radovic  yang ditunjuk sebagai algojo,  sukses  menuntaskan tugasnya.  Eksekusi Radovic berhasil merobek gawang Persija hingga membuat  Persib unggul  1-0.  Tensi  pertandingan yang panas membuat wasit Olehadi bekerja keras,  hingga  pertandingan  pun beberapa kali sempat terhenti.

Dengan ketertinggalan satu gol,‎ ‏ Tim‎ ‏Macan  Kemayoran terus  membuat  tekanan.  Namun kokohnya pertahanan  Maung  Bandung,  membuat Persija tak bisa menembusnya.

Penguasaan bola pada babak pertama ini cukup seimbang.  Saling jual beli serangan pun  terjadi.  Abanda yang memanfaatkan umpan tendangan bebas,  sundulannya hanya melambung di  atas mistra gawang  Persija.  Begitu juga  Bepe yang berhasil menerima true pass namun secara tiba-tiba dapat hadangan dari Maman.

Hingga paruh pertama‎ ‏berakhir,   kubu Maung Bandung dapat mempertahankan kedudukan  1-0. Pada babak ke dua,  Persija menekan lebih awal.   Terbukti Persija mendapatkan tendangan bebas.  Namun bola yang dieksekusi Fabiano terblok oleh pagar hidup yang dibuat para pemain Persib.  

Pada menit ke   49   Atep mempunyai peluang namun hanya menyamping di sebelah kanan  kiper  Andrytani.  Begitu juga Jajang,  yang   lepas dari kawalan namun terjebak offside.

Sepuluh menit pada babak kedua  Persija terus menekan Persib.  Walaupun tidak ada gol namun serangan Persija tersebut membuat pertahanan Persib  agak  kerepotan. Tercatat,   Bambang mampu membuat peluang emas namun peluangnya  masih melenceng serta tendangan kerasnya dapat ditahan kiper  Jendry Pitoy.

Persib pun tak mau kalah,‎ ‏lewat serangan balik yang cepat,  Jajang menerobos pertahanan Persija,  namun Ismed Sofyan menjatuhkan Jajang sehingga terjadilah pelanggaran.  Tendangan bebas yang dilakukan Radovic mengenai mistar gawang. Hingga akhir pertandingan Persib tetap unggul dengan skor  1-0.

Duel‎ ‏dua musuh bebuyutuan itu  sempat membuat  wasit mengeluarkan lima kartu kuning.  Tiga untuk pemain  Persib  diantaranya,  Moses Sakyi,  M Ilham,  dan Zulkifli, sedangkan untuk pemain Persija yaitu Octavianus dan Fabiano. 

Sementara itu Pelatih Persib Bandung Drago Mamic mengungkapkan, kemenangan ini merupakan hasil dari kerja keras pemain yang bermain dengan gemilang.‎"‏Saya ucapkan terima kasih kepada pemain yanhg telah nbeklerja keras untuk memenangkan pertandingan ini, " ujarnya.

Dia pun mengaku bahwa penampilan ini merupakan penampilan yang luar biasa.‎ "‏Mereka tampil luar biasa dan saya selain itu jkuga saya mengucapkan terima kasoh kepada bobotoh yang datang ke stadion untuk menyaksilanm pertandingan ini, " ungkapnya.

Mamic juga memuji penampilan para pemain Persija yang tak kalah hebat‎ "‏Saya lihat pemain Persija sangat bagus dan kita memang lebih beruntung dari mereka, " ungkapnya.

Di lain pihak pelatih Persija, Iwan Setiawan mengatakan,‎ ‏permainan tadi sungguh luar biasa.  " Memang kami agak di tekan oleh bobotoh tapi itu menjadi spirit kami, " ujarnya.

Selain itu, dia juga mengatakan, permainan tadi fairplay tidak ada yang janggal.  "Saya lihat pertandingan tadi fair play tidak ada yang di rugikan," pungkasnya.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar