Selasa, 31 Januari 2012

Pemkot Bandung Prihatin Banyak Bobotoh Luka


Berita Persib - Persib vs Persija ditonton 40 ribu orang. Jumlah tiket yang dijual hanya 26.500. 
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Edi Siswadi, mengkritik kinerja Panpel Persib yang tak melakukan langkah antisipasi secara maksimal saat laga Persib kontra Persija Jakarta yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu, 29 Januari lalu.

Edi yang pernah menjabat Ketua Harian Persib Bandung menyatakan, turut prihatin atas banyaknya suporter yang menjadi korban cedera maupun jatuh pingsan akibat berhimpit-himpitan.
Bahkan, ada seorang bobotoh bernama M. Ikhsan mengalami patah tulang di kedua kakinya akibat tertimpa pagar besi pembatas. Dia patah tulang kerana terinjak-injak penonton lainnya saat masuk ke dalam stadion.

Ikhsan saat ini masih dirawat intensif di RS Halmahera, Bandung akibat luka serius di kedua kakinya yang patah. Manajemen dan Panpel Persib, kabarnya akan menanggung biaya perawatan dan pengobatan Ikhsan selama berada di RS Halmahera. Laga Persib kontra Persija sendiri diperkirakan disaksikan sekitar 40 ribu penonton. Padahal, jumlah tiket yang dijual hanya 26.500 lembar tiket.

"Apa yang terjadi kemarin (Persib vs Persija) sangat membuat kita prihatin dan sedih, sebab banyak penonton yang jadi korban yang terluka karena desak-desakan," tutur Edi kepada wartawan seusai menghadiri rapat laporan anggaran KONI Kota Bandung di Hotel Mitra, Bandung, Selasa, 31 Januari.

"Hal itu seharusnya sudah bisa diantisipasi oleh Panpel Persib apalagi pertandingan Persib lawan Persija ini kan sangat menyita perhatian penonton. Misalnya dengan menyediakan layar lebar yang lebih banyak di sekitar areal stadion dan bertindak tegas kepada penonton yang tidak membawa tiket. Apalagi kabarnya banyak di antara penonton yang justru membawa tiket malah tidak bisa masuk melihat pertandingan," tambahnya.

Di samping itu, Edi pun mengimbau Bobotoh untuk memetik hikmah dan pelajaran dari kejadian saat laga Persib melawan Persija dilaksanakan. "Sudah saatnya untuk lebih menanamkan kedewasaan, termasuk dalam diri suporter. Sebab kejadian seperti sudah sangat sering terjadi dalam pertandingan sepak bola di Indonesia," papar Edi.

Sebagai salah seorang pejabat tinggi di Kota Bandung, Edi berharap pada 2012 Pemkot Bandung segera merealisasikan Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage yang diproyeksikan jadi kandang anyar Maung Bandung. "Mudah-mudahan selesai sesuai target yakni akhir tahun ini dan semoga SUS Gedebage jadi tempat yang bisa memberikan kenyamaan buat bobotoh saat menyaksikan dan memberikan dukungan kepada Persib," tandas Edi.

sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar